HASIL KUESIONER DIVISI ADVOKASI BEM FISIP UPNVJ MENGENAI SARANA DAN PRASARANA YANG ADA DI FISIP UPNVJ

A. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Divisi advokasi sebagai salah bagaian ddari BEM Fisip UPN Veteran Jakarat mempunyai tugas dan fungsi yakni salah satunya ialah menampung seluruh aspirasi masyarakat fisip UPN Veteran Jakarta dan hasil dari aspirasi-aspirasi yang diterima akan diteruskan ke Dekanat untuk dikaji dan dilaksanakan demi kemajuan Fisip UPN Veteran Jakarta. Pada kuesioner ini, divisi advokasi membahas permasalahan seputar bidang sarana dan prasarana yang ada di Fisip UPN Veteran Jakarta. Dimana dapat dilihat, bahwa sarana dan prasarana yang ada di Fisip masih belum berfungsi semaksimal mungkin, sehingga diharapkan dengan adanya aspirasi-aspirasi dari masyarakat Fisip, sarana dan prasarana yang ada akan lebih ditingkatkan semaksimal mungkin.

B. Tujuan

Kuesioner yang khusus membahas sarana dan prasarana yang ada di Fisip ini dilaksanakan guna agar divisi advokasi dapat mengetahui sampai dimana kepuasan masyarakat Fisip tentang sarana dan prasarana yang ada serta apakah masyarakat Fisip memiliki keluh-kesah yang masih belum dan dapat menjadi acuan agar Fisip UPN Veteran Jakarta semakin lebih baik.

C. Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner campuran dimana terdiri dari 10 pertanyaan, kuesioner diadakan mulai hari senin sampai jum’at tanggal 15-19 April 2019. Pada beberapa pertanyaan terdapat pilihan jawaban dan alasan mimilih pilhan tersebut. Target sasaran pada kuesioner ini ialah mahasiswa/i Fisip UPN Veteran jakarta dengan jumlah responden sebesar 150 responden.

B. HASIL KUESIONER

1. Apakah masih terdapat poyektor yang tidak dapat berfungsi dengan baik?

Dari pertanyaan dan pilihan yang ada terdapat beberapa kekurangan yakni:

  • Proyektor yang ada di kelas masih susah tersambung dengan laptop, kabel-kabel yang ada banyak rusak juga dan tidak dapat menyambungkan laptop dengan proyektor
  • Proyektor banyak yang mati sehingga diperlukannya peminjaman ke mikmas, terlebih proyektor yang ada di gedung Fisip A lantai 3 masih banyak yag tidak bisa nyala.

Pertanyaan: Apakah fasilitas wifi di FISIP memadai dan menjangkau seluruh lantai?

  • Jaringan wifi tidak dapat menjangkau seluruh tempat dan hanya tersedia untuk daerah-daerah tertentu saja seperti disekitaran lobby gedung Fisip A dan sekitarnya saja, sedangkan untuk lantai 3 dan lantai 4 serta pada gedung Fisip B juga tidak terdapat jaringan wifi.
  • Pada tempat-tempat yang tersedia wifi, masih susah untuk terkoneksi dikarenakan sinyal yang terlalu “lemot”.

2. Apakah pada setiap toilet yang ada belum terdapat seperti sabun cuci tangan, tissue toilet, dan volume air keran yang keluar sering kecil dan sedikit?

Dari pertanyaan dan pilihan yang ada terdapat beberapa kekurangan yakni:

  • Air yang keluar masih sangat sedikit dan kecil sehingga sulit mendapatkan air,
  • Tidak terdapatnya sabun dan tisu di toilet menjadikan beberapa mahasiswa secara inisiatif membawa sabun dan tisu sendiri.
  • Kebersihan terhadap toilet sendiri dianggap masih buruk karena masih terdapat toilet-toilet yang jorok dan kotor.

3. Apakah AC di ruang kelas sudah dapat menyala semua?

Dari pertanyaan dan pilihan yang ada terdapat beberapa kekurangan yakni:

  • AC yang menyala biasanya hanya beberapa AC saja tidak secara keseluruhan

4. Apakah dengan adanya sarana penunjang perpus di FISIP sangat membantu?

Dari pertanyaan dan pilihan yang ada terdapat beberapa kekurangan yakni:

  • Belum dibuka secara umum membuat mahasiswa belum dapat memberikan kekurangan dari perpustakaan Fisip.
    Pertanyaan: Apa harapan untuk Perpustakaan FISIP?
    Dari pertanyaan dan pilihan yang ada terdapat beberapa kekurangan yakni:
  • Mahasiswa berharap adanya perpustakaan menyediakan buku-buku bacaan lebih lengkap sehingga dapat membantu mahasiswa di dalam mengumpulkan bahan-bahan untuk tugas, dan selain itu buku-buku yang ada bukan hanya tentang pelajaran saja.
  • Ruangan yang ada supaya dibuat lebih nyaman serta dengan akses wifi yang cepat.

5. Apakah masih terdapat kendala di dalam mengakses siakad?

Dari pertanyaan dan pilihan yang ada terdapat beberapa kekurangan yakni:

  • Masih sulitnya pengakses-an siakad oleh mahasiswa pada saat jadwal pengisian krs sehingga menyebabkan overload data.

6. Apa harapan dalam pengisian siakad yang akan datang?
Dari pertanyaan yang ada terdapat beberapa pendapat yakni:

  • Server yang ada lebih di maksimalkan terlebih pada saat pengisian jadwal krs, serta jumlah limit mahasiswa yang dapat mengakses lebih ditambah tidak hanya 500 karena mahasiswa fisip terdapat ribuan.
  • Dengan siakad ini lebih mudah juga di dalam komunikasi antara dosen pembimbing akademik dengan mahasiswa.

7. Apakah anda masih mempunyai ketertarikan terhadap kotak saran sebagai media penyampaian kritik dan saran di FISIP?
Dari pertanyaan yang ada terdapat beberapa pendapat yakni:

  • Kurang efektif karena zaman sekarang ini ialah zaman dimana segala sesuatu diakses secara onine tanpa perlu ribet menulis karena dapat membuang-membuang kertas.
  • Daripada kotak saran lebih baik adanya mading saran yang terbuat dari kertas besar ditempel di dinding sehingga mahasiswa dapat bebas menuliskan keluh-kesah serta aspirasi yang masih terpendam.
  • Perlunya pengoptimalan dari oa bem fisip atau bahkan membuat oa tersendiri khusus untuk pengaduan dan pemberian aspirasi mahasiswa Fisip.

8. Kritik dan saran untuk sarana dan prasarana yang ada di FISIP?
Dari pertanyaan yang ada terdapat beberapa pendapat yakni:

  • Perlu lebih banyaknya kotak charger di setiap lantai agar lebih memudahkan mahsiswa
  • Flus utama pada permasalahan sarana dan prasarana ini ialah permasalah toilet beserta srana pendukungnya serta tersedianya jaringan wifi di seluruh daerah baik di gedung Fisip A maupun gedung B,
  • Perlunya perbaharuan dan perkembangan yang lebih baik pada sarana dan prasarana yang ada serta,
  • Perlunya kesadaran masyarakat Fisip sendiri di dalam menjaga dan memelihara sarana dan prasarana yang ada.

DIALOG BERSAMA DEKAN FISIP UPN “VETERAN” JAKARTA

Hari: Selasa
Tanggal: 26 Maret 2019
Pukul: 13.00-15.00
Tempat: Auditorium E. 101 (GEDUNG A FISIP UPN “VETERAN” JAKARTA)
Acara:
1. Pembukaan
2. Sambutan Senat FISIP
3. Sambutan BEM FISIP
4. Pemaparan oleh Dekan FISIP
5. Sesi Tanya Jawab
6. Penutup

Tanya Jawab dan Aspirasi

Sesi I
1. Ardhika ( Ilmu Komunikasi 2016)

  • Apakah hari sabtu itu tidak diperbolehkan meminjam ruangan? Setidaknya hari sabtu itu diperbolehkan untuk meminjam ruangan untuk kegiatan kemahasiswaan.
  • Perpustakaan dipindahkan keatas lagi tidak? Jika di izinkan, kita ingin di lobby diadakan kantin bersama untuk masyarakat FISIP.

2. Ananda Florian (Ilmu Hubungan Internasional 2017)

Kenapa air di toilet kecil sekali dan bagaimana penanggulangannya dan kenapa Wi-Fi di FISIP itu sangat jelek koneksinya? Dan kesekretariatan ilmu politik sangat tidak memadai.

3. Mufti Pradeksa (Ketua BEM FISIP 2019)

Saran. Untuk mendukung kegiatan GO GREEN, setidaknya kampus menyediakan fasilitas untuk mahasiswa berupa air gratis.

Sesi II
1. Ageng Bayu Laduni. (Hubungan Internasional 2014)

Rancangan apa yang bapak bawa untuk memajukan fisip di bidang akademik dan minat dan bakat?

2. Azriel Hanafi (HIMAPOL)

Kapan kepastian tetap mengenai Ketua Prodi Ilmu Politik?

3. Ivanno (Hubungan Internasional 2018)

Bagaimana kepastian mengenai SOP anggaran dana FPCI yang akan mengikuti kegiatan lomba di luar negeri? Apakah akan dibantu oleh pihak universitas?

4. Akbar (EOS FISIP)

Apakah pengisian KRS bisa dilakukan secara full online? Karena kendala di anak rantau terutama di luar pulau jawa, tanda tangan KRS harus ke kampus. Sedangkan masih ada jeda waktu yang sangat panjang untuk masuk kegiatan perkuliahan.

Hasil Tanya Jawab
SESI I

  1. Kegiatan hari sabtu sebenarnya di perbolehkan, tetapi pegawai di UPN libur pastinya. Maka dari itu, harus ada yang mengawasi jika ada yang meminjam ruangan. Jika pegawai lembur, harus ada input dan outputnya (laporan dan hasilnya). Maka dari itu tidak diberi izin. Jika ingin meminjam ruangan sebaiknya ke Pak Rojikun, karena dia sangat bertanggung jawab. Mengenai kantin, tidak bisa dibuat oleh fakultas karena sudah peraturan dari pihak universitas. Perpustakaan hanya 1 buku judul saja, tidak menyediakan lebih. Selebihnya, bahan bacaan bisa membaca di komputer.
  2. Akan di koordinasikan kepada pihak universitas, fakultas akan mengatasi hal tersebut dengan memasang toren. akan diusahakan untuk wifi ke pihak universitas. Kesekretariatan ormawa dan KSM akan dibuat di Gedung MM.
    4. universitas akan membuat titik-titik pos untuk air minum. Fakultas tidak memiliki hak dalam hal tersebut. Sudah dari 2 bulan yang lalu universitas merencanakan hal tersebut. Mohon bersabar, dan sampaikan kepada teman-teman agar tidak meminum aqua plastik, dianjurkan membawa tumblr.

SESI II

  1. Tidak lebih tidak kurang, Bapak Rudy hanya ingin mengabulkan keinginan mahasiswa.
    Sekarang, sedang berlangsung perancangan ulang visi misi prodi Hubungan Internasional untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.
  2. Mohon bersabar. Tahan. Tapi sementara ini, kegiatan HIMAPOL tetap berjalan. Kalo tidak berjalan, tolong laporkan kepada dekan. Dekanat sedang memikirkan untuk pemilihan kaprodi ilmu politik dan mengupayakan kaprodi yang ahli di bidangnya.
  3. FPCI bermasalah di ketua karena angkatan 2017. Sudah ada surat edaran mengenai pelarangan tersebut dari rektor. Oleh karena itu kegiatan kemahasiswaan di bantu oleh kaprodi bukan wadek. Ormawa atau KSM yang sudah terlanjur berjalan seperti himaikom bisa tetap berjalan tetapi kegiataan administrasinya atau anggaran dana ditangani oleh kaprodi.
  4. Untuk bimbingan harus bertemu demi aspek kemanusiaan. Karena human touch akan hilang jika kita full online, kita akan seperti mesin nantinya. Usul dari bapak dekan, KRS dilakukan secara mix. Untuk penanggalan KRS akan diperjelas kalender akademiknya.

Hormat Kami,
Ketua Senat FISIP

Alif Fadhillah
NIM. 1610411167

Ketua BEM FISIP

Mufti Pradeksa
NIM. 1610411235

Mengetahui,
Dekan FISIP

Dr. Drs. H. R. Dudy Heryadi, M.Si
NIP.


#KabinetBersahaja
#AksiDanKolaborasi
#OneFacultyOneGoal


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *